Extro Indonesia

Call Us :

021 9741 8000 / 0857 7477 8000

bbm 2263D419

Mengusir Burung Pengganggu

Burung sebenarnya bukan hama yang merusak, akan tetapi keberadaannya dalam jumlah banyak jelas dapat mengganggu. Misalnya dalam lalu lintas penerbangan, perkebunan / sawah, pabrik makanan atau gudang penyimpanan makanan, dan pemukiman penduduk. Jenis – jenis burung yang sering dianggap sebagai pengganggu antara lain :

  • Burung gereja. Burung gereja adalah burung yang paling mudah ditemui di lingkungan perumahan di perkotaan. Sebenarnya burung gereja dapat hidup dimana saja dan diberbagai tingkat suhu. Burung gereja awalnya tersebar di benua Eropa, Asia, Afrika, kemudian disebarkan oleh manusia hingga ke benua Australia dan Amerika. Biasanya burung gereja senang bersarang di atap – atap rumah, di lubang – lubang yang ada disekitar pemukiman. Dalam jumlah banyak, tentu kehadirannya cukup mengganggu tempat tinggal / rumah Anda.

  • Burung pipit. Burung gereja sebenarnya adalah burung pipit yang habitatnya adalah di pemukiman. Di Indonesia, burung pipit dikenal sebagai burung yang kerap menjadi hama persawahan dan musuh para petani menjelang musim panen.

  • Burung gelatik. Burung ini juga merupakan musuh petani karena sering sekali memakan bulir – bulir padi pada saat panen terutama di daerah Jawa dan Bali.

  • Burung walet. Burung walet adalah burung liar yang banyak hidup di hutan hingga perkotaan. Burung ini senang bersarang di gedung – gedung besar dan tinggi. Burung walet kerap dikembangbiakkan untuk diambil sarangnya. Akan tetapi bagi kebanyakan orang, burung walet dianggap mengganggu karena kotorannya sering mengotori pekarangan.

Untuk mengatasi gangguan akibat burung di area persawahan, para petani sering memasang orang – orangan sawah, plastik, kaleng yang diisi kerikil yang semuanya disambungkan dengan tali dan sewaktu – waktu dapat digoyang – goyangkan jika burung – burung mulai berdatangan.

Untuk mengatasi masalah burung di area bandar udara / lapangan terbang, beberapa bandara besar sudah memasang alat – alat pengusir burung yang canggih yang memiliki beberapa cara mengusir burung. Seringkali di landasan pacu ditemukan sekumpulan burung yang dengan santai memakan dan bergerombol di rumput-rumput landasan. Burung-burung ini seharusnya tidak berada di landasan, karena menggangu penerbangan. Kumpulan burung itu dapat tersedot ke dalam mesin jet yang menyebabkan mesin jet pesawat mati atau menabrak kaca depan. Ini yang disebut Bird Strike.

Pengusir burung dari Extro mengadaptasi cara mengusir burung yang digunakan oleh bandara – bandara. Cara mengusir yang pertama adalah dengan menggunakan gelombang ultrasonik. Berdasarkan penelitian, burung – burung dapat mendengarkan tingkat suara pada frekuensi tertentu. Suara ultrasonik yang dihasilkan alat ini dapat membuat burung – burung merasa terganggu dan tidak nyaman. Cara mengusir yang kedua adalah dengan menggunakan adaptasi suara burung predator. Pada alat ini suara predator yang digunakan adalah suara teriakan burung elang. Cara mengusir yang ketiga adalah dengan menggunakan kilatan – kilatan cahaya yang terang dan menyilaukan.

2 Comments

  • marzuki Md. Zin January 23, 2013 at 12:51 AM

    Saya berminat dengan pengusir burung yang memakan padi kawasan sawah (di Malaysia dikenal sebagi burung ciak yang memakan padi secara berkumpulan.) Mohon nyatakan berapa harganya?

  • tris saputra March 23, 2013 at 9:29 AM

    thanks infonya pak,,,, apakah alat ini sudah di uji cobakan? dan bgaimana hasilnya? harganya berkisaran berapa y pak? trus apakah sudah beredar dipasaran sumatra barat? mohon jawabanya segera.

Post a Comment

20 + 7 =

Your email is kept private. Required fields are marked *